Tahap Perkembangan Anak Sekolah Dasar

Tahap perkembangan Anak Sekolah Dasar  - Seorang guru pendidikan jasmani perlu mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak didiknya. Pertumbuhan dan perkembangan itu merupakan hal yang berkesinambungan, namun untuk lebih mudah memahami biasanya digambarkan pertumbuhan itu dalam tahap-tahap.
ANAK SEKOLAH DASAR
TAHAP 1
Anak kelas I dan II, kira-kira berumunr antara 6 – 8 tahun, mempunyai karakteristik: (Anarino:1980, dan Cowell: 1955).
Jasmani:
1.   Waktu reaksi lambat, koordinasi jelek, membutuhkan banyak variasi otot besar, senang kejar – mengejar, memanjat, berkelahi dan berburu.
2.   Aktif, energik, dan senang pada suara berirama.
3.   Tulang lembek dan mudah berubah bentuk.
4.   Jantung mudah dalam keadaan yang membahayakan.
5.   Rasa untuk mempertimbangkan dan pemahaman berkembang.
6.   Koordinasi mata dan tangan berkembang, masih tetap belum dapat menggunakan otot-otot halus dengan baik.
7.   Kesehatan umum tidak menentu, mudah terpengaruh terhadap penyakit, dan daya perlawanannya rendah.
Psikologi atau mental:
1.   Bentuk perhatian singkat
2.   Rasa ingin tahu besar, ingin menemukan dan mengetahui semua yang dilihat dan menanyakan sesuatu secara alami
3.   Ada perkembangan kemampuan organ untuk bicara
4.   Peningkatan terhadap aktivitas yang disenangi
5.   Kemampuan menyampaikan pendapat terbatas
6.   Tertarik terhadap semuanya
7.   Menunjukkan keinginan berkreatif, dan khayal besar
Sosial:
1.   Dramatik, khayal, suka meniru dan rasa ingin tahu sangat kuat.
2.   Senang berkelahi, berburu dan memanjat
3.   Penyesuaian terhambat, senang yang alami, senang dimanjakan, senang pada dongeng atau cerita, suka diperhatikan kelompoknya, individualistik, berjiwa bebas, menyenangi hal yang membahayakan atau sensasi
Tingkat perkembangan motorik yang harus dicapai dalam tahap ini:
­   -  Keterampilan dalam mengerjakan mekanika tubuh yang baik dalam berbaring, duduk, berjalan dan berdiri
­    Mengembangkan keseimbangan tendo otot dan kekuatan otot untuk membentuk tubuh yang layak dan benar
­  -  Mengembangkan keterampilan dan relaksasi

TAHAP 2
Anak kelas III dan IV kira-kira berumur diantara 9-10 tahun, mempunyai karakteristik:
Jasmani:
1.   Perbaikan koordinasi dalam keterampilan gerak
2.   Daya tahan berkembang
3.   Pertumbuhan tetap
4.   Koordinasi mata dan tangan baik
5.   Sikap tubuh yang tidak baik mungkin diperlihatkan
6.   Perbedaan jenis kelamin tidak menimbulkan konsekuensi yang besar
7.   Secara fisiologik putri pada umumnya mencapai kematangan lebih dahulu daripada anak laki-laki
8.   Gigi tetap mulai tumbuh
9.   Perbedaan secara perorangan dapat dibedakan dengan nyata
10.      Kecelakaan cenderung memicu mobilitas
Psikologik atau mental:
1.   Kemampuan untuk mengeleuarkan pendapat makin berkembang sebab telah bertambah pengalamannya
2.   Sifat berkhayal masih ada dan menyukai suara berirama dan gerak
3.   Senang meniru yang sesuai dengan idamannya
4.   Perhatian terhadap permainan yang diorganisasi berkembang, tetapi anak-anak belum mencapai peratuan yang sebenarnya
5.   Sangat mengharapkan pujian dari orang dewasa
6.   Aktivitas yang menyenangkan bertambah
7.   Sangat menyenangi kegiatan kompetitif
Sosial:
1.   Mudah terangsang, tetapi mudah terluka karena kritik
2.   Suatu saat suka membual
Tingkat perkembangan motorik yang harus dicapai dalam tahap ini:
-      Belajar rileks bila merasa lelah
-      Belajar tentang masalah hambatan-hambatan gizi
-      Dapat menggunakan mekanika tubuh dengan baik
-      Mengatasi kekurangan sebaik mungkin
-      Berusaha untuk menguasai keterampilan sebaik mungkin
-      Memperbanyak kegiatan untuk meningkatkan jasmani dengan latihan dasar
-      Mengembangkan kekuatan otot, daya tahan otot dan kelentukan otot
TAHAP 3
Anak kelas V dan VI, kira-kira berumur 11 sampai 12 tahun, mempunyai karakteristik:
Jasmani:
1.   Pertumbuhan otot lengan dan tungkai makin bertambah
2.   Ada kesadaran mengenai badannya
3.   Anak laki-laki lebih menguasai permainan kasar
4.   Pertumbuhan tinggi dan berat tidak baik
5.   Kekuatan otot tidak menunjang pertumbuhan
6.   Waktu reaksi makin baik
7.   Perbedaan akibat jenis kelamin semakin nyata
8.   Koordinasi makin baik
9.   Tungkai mengalami masa pertumbuhan yang lebih kuat dibandingkan dengan anggota bagian atas
10. Badan lebih sehat dan kuat
11. Perlu diketahui bahwa ada perbedaan kekuatan otot dan keterampilan antara laki-laki dan perempuan
Psikis atau mental:
1.   Kesenangan pada permainan dengan bola semakin bertambah
2.   Menaruh perhatian pada permainan yang terorganisasi
3.   Sifat kepahlawanan kuat
4.   Belum mengetahui problem kesehatan masyarakat
5.   Perhatian kepada teman sekelompok makin kuat
6.   Perhatian kepada bentuk semakin bertambah
7.   Beberapa anak mudan menjadi putus asa dan berusaha bangkit bila tidak sukses
8.   Mempunyai rasa tanggung jawab untuk menjadi dewasa
9.   Berusaha untuk mendapatkan guru yang dapat membenarkannya
10.    Mulai mengerti tentang waktu, dan menghendaki segala sesuatunya selesai pada waktunya
11.    Kemampuan membaca mulai berbeda tetapi anak mulai tertarik pada kenyataan yang diperoleh lewat bacaan
Sosial emosional:
1.   Pengantaran rasa emosinya tidak tetap dalam proses kematangan jasmani
2.   Menginginkan masuk dalam kelompok sebaya.
3.   Mudah dibangkitkan
4.   Putri menaruh perhatian terhadap anak laki-laki
5.   Rasa kasih sayang seperti orang dewasa
6.   Senang sekali memuji dan mengagungkan
7.   Suka mengkritik tindakan orang dewasa
8.   Laki-laki membenci  putri sedang putri membenci laki-laki yang lebih tua
9.   Rasa bangga berkembang
10. Mau mengerjakan pekerjaan bila didorong oleh orang dewasa
11. Merasa sangat puas bila dapat menyelesaikan, mengatasi dan mempertahankan sesuatu
12. Merindukan pengakuan dari kelompoknya
13. Kerjasama meningkat terutama sesama anak laki-laki, kualiots kepemimpinannya mulai Nampak
Tingkat perkembangan motorik yang harus dicapai pada tahap ini:
1.   Memperbaiki otot lengan, bahu, punggung dan tungkai
2.   Koreksi kekurangan dan kelebihan pada otot dengan latihan yang benar
3.   Mengkoreksi bentuk tubuh lebih diperkuat oleh kebiasaan sehari-hari
4.   Memperbaiki semua kekurangan pada kesegaran jasmani
Demikian atikel tentang tujuan pendidikan jasmani semoga bermanfaat, jangan lupa like Fanspage kami & share yaa


0 Response to Tahap Perkembangan Anak Sekolah Dasar

Post a Comment