Tahap perkembangan Anak Sekolah Dasar - Seorang guru pendidikan jasmani perlu
mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak didiknya. Pertumbuhan dan
perkembangan itu merupakan hal yang berkesinambungan, namun untuk lebih mudah
memahami biasanya digambarkan pertumbuhan itu dalam tahap-tahap.
ANAK
SEKOLAH DASAR
TAHAP
1
Anak kelas I dan II,
kira-kira berumunr antara 6 – 8 tahun, mempunyai karakteristik: (Anarino:1980,
dan Cowell: 1955).
Jasmani:
1. Waktu
reaksi lambat, koordinasi jelek, membutuhkan banyak variasi otot besar, senang
kejar – mengejar, memanjat, berkelahi dan berburu.
2. Aktif,
energik, dan senang pada suara berirama.
3. Tulang
lembek dan mudah berubah bentuk.
4. Jantung
mudah dalam keadaan yang membahayakan.
5. Rasa
untuk mempertimbangkan dan pemahaman berkembang.
6. Koordinasi
mata dan tangan berkembang, masih tetap belum dapat menggunakan otot-otot halus
dengan baik.
7. Kesehatan
umum tidak menentu, mudah terpengaruh terhadap penyakit, dan daya perlawanannya
rendah.
Psikologi
atau mental:
1. Bentuk
perhatian singkat
2. Rasa
ingin tahu besar, ingin menemukan dan mengetahui semua yang dilihat dan
menanyakan sesuatu secara alami
3. Ada
perkembangan kemampuan organ untuk bicara
4. Peningkatan
terhadap aktivitas yang disenangi
5. Kemampuan
menyampaikan pendapat terbatas
6. Tertarik
terhadap semuanya
7. Menunjukkan
keinginan berkreatif, dan khayal besar
Sosial:
1. Dramatik,
khayal, suka meniru dan rasa ingin tahu sangat kuat.
2. Senang
berkelahi, berburu dan memanjat
3. Penyesuaian
terhambat, senang yang alami, senang dimanjakan, senang pada dongeng atau
cerita, suka diperhatikan kelompoknya, individualistik, berjiwa bebas,
menyenangi hal yang membahayakan atau sensasi
Tingkat
perkembangan motorik yang harus dicapai dalam tahap ini:
- Keterampilan dalam mengerjakan mekanika tubuh
yang baik dalam berbaring, duduk, berjalan dan berdiri
- Mengembangkan keseimbangan tendo otot dan
kekuatan otot untuk membentuk tubuh yang layak dan benar
- Mengembangkan keterampilan dan relaksasi
TAHAP
2
Anak kelas III dan IV kira-kira berumur diantara 9-10 tahun,
mempunyai karakteristik:
Jasmani:
1. Perbaikan
koordinasi dalam keterampilan gerak
2. Daya
tahan berkembang
3. Pertumbuhan
tetap
4. Koordinasi
mata dan tangan baik
5. Sikap
tubuh yang tidak baik mungkin diperlihatkan
6. Perbedaan
jenis kelamin tidak menimbulkan konsekuensi yang besar
7. Secara
fisiologik putri pada umumnya mencapai kematangan lebih dahulu daripada anak
laki-laki
8. Gigi
tetap mulai tumbuh
9. Perbedaan
secara perorangan dapat dibedakan dengan nyata
10. Kecelakaan
cenderung memicu mobilitas
Psikologik
atau mental:
1. Kemampuan
untuk mengeleuarkan pendapat makin berkembang sebab telah bertambah
pengalamannya
2. Sifat
berkhayal masih ada dan menyukai suara berirama dan gerak
3. Senang
meniru yang sesuai dengan idamannya
4. Perhatian
terhadap permainan yang diorganisasi berkembang, tetapi anak-anak belum
mencapai peratuan yang sebenarnya
5. Sangat
mengharapkan pujian dari orang dewasa
6. Aktivitas
yang menyenangkan bertambah
7. Sangat
menyenangi kegiatan kompetitif
Sosial:
1. Mudah
terangsang, tetapi mudah terluka karena kritik
2. Suatu
saat suka membual
Tingkat
perkembangan motorik yang harus dicapai dalam tahap ini:
- Belajar
rileks bila merasa lelah
- Belajar
tentang masalah hambatan-hambatan gizi
- Dapat
menggunakan mekanika tubuh dengan baik
- Mengatasi
kekurangan sebaik mungkin
- Berusaha
untuk menguasai keterampilan sebaik mungkin
- Memperbanyak
kegiatan untuk meningkatkan jasmani dengan latihan dasar
- Mengembangkan
kekuatan otot, daya tahan otot dan kelentukan otot
TAHAP
3
Anak kelas V dan VI,
kira-kira berumur 11 sampai 12 tahun, mempunyai karakteristik:
Jasmani:
1. Pertumbuhan
otot lengan dan tungkai makin bertambah
2. Ada kesadaran
mengenai badannya
3. Anak
laki-laki lebih menguasai permainan kasar
4. Pertumbuhan
tinggi dan berat tidak baik
5. Kekuatan
otot tidak menunjang pertumbuhan
6. Waktu
reaksi makin baik
7. Perbedaan
akibat jenis kelamin semakin nyata
8. Koordinasi
makin baik
9. Tungkai
mengalami masa pertumbuhan yang lebih kuat dibandingkan dengan anggota bagian
atas
10. Badan
lebih sehat dan kuat
11. Perlu
diketahui bahwa ada perbedaan kekuatan otot dan keterampilan antara laki-laki
dan perempuan
Psikis
atau mental:
1. Kesenangan
pada permainan dengan bola semakin bertambah
2. Menaruh
perhatian pada permainan yang terorganisasi
3. Sifat
kepahlawanan kuat
4. Belum
mengetahui problem kesehatan masyarakat
5. Perhatian
kepada teman sekelompok makin kuat
6. Perhatian
kepada bentuk semakin bertambah
7. Beberapa
anak mudan menjadi putus asa dan berusaha bangkit bila tidak sukses
8. Mempunyai
rasa tanggung jawab untuk menjadi dewasa
9. Berusaha
untuk mendapatkan guru yang dapat membenarkannya
10. Mulai
mengerti tentang waktu, dan menghendaki segala sesuatunya selesai pada waktunya
11. Kemampuan
membaca mulai berbeda tetapi anak mulai tertarik pada kenyataan yang diperoleh
lewat bacaan
Sosial
emosional:
1. Pengantaran
rasa emosinya tidak tetap dalam proses kematangan jasmani
2. Menginginkan
masuk dalam kelompok sebaya.
3. Mudah
dibangkitkan
4. Putri
menaruh perhatian terhadap anak laki-laki
5. Rasa
kasih sayang seperti orang dewasa
6. Senang
sekali memuji dan mengagungkan
7. Suka
mengkritik tindakan orang dewasa
8. Laki-laki
membenci putri sedang putri membenci
laki-laki yang lebih tua
9. Rasa
bangga berkembang
10. Mau mengerjakan
pekerjaan bila didorong oleh orang dewasa
11. Merasa
sangat puas bila dapat menyelesaikan, mengatasi dan mempertahankan sesuatu
12. Merindukan
pengakuan dari kelompoknya
13. Kerjasama
meningkat terutama sesama anak laki-laki, kualiots kepemimpinannya mulai Nampak
Tingkat
perkembangan motorik yang harus dicapai pada tahap ini:
1. Memperbaiki
otot lengan, bahu, punggung dan tungkai
2. Koreksi
kekurangan dan kelebihan pada otot dengan latihan yang benar
3. Mengkoreksi
bentuk tubuh lebih diperkuat oleh kebiasaan sehari-hari
4. Memperbaiki
semua kekurangan pada kesegaran jasmani
Demikian
atikel tentang tujuan pendidikan jasmani semoga bermanfaat, jangan lupa like Fanspage kami
& share yaa
Friday, March 31, 2017
Kajian Teori
pendidikan
Penjas
0 Response to Tahap Perkembangan Anak Sekolah Dasar
Post a Comment