Tujuan Pendidikan Nasional

Tujuan Pendidikan Nasional – Apkah tujuan pendidikan nasional itu? Pasti sobat pembaca bertanya-tanya sebenarnya kita sekolah itu untuk apa? Nah sudah jelas di Negara kita ini wajib belajar adalah 9 tahun, dan hampir semua anak sekarang ini mendapatkan sekolah di masa kecilnya, berbeda dengan jaman dahulu jangankan untuk sekolah untuk makan saja masih susah.
Kali ini kita akan membahas beberapa tujuan pendidikan nasional, semoga beranfaat.

Mengajar merupakan peristiwa bertujuan, berarti bahwa mengajar merupakan peristiwa yang terkait oleh tujuan, dan dilaksanakan semata-mata untuk mencapai tujuan itu (Winarno Surachmad, 1976:24). Ini berarti bahwa pendidikan merupakan usaha menuju kepada tujuan yang dicita-citakan. Cia-cita atau kehendak bangsa Indonesia dalam usaha pendidikannya tertuang dalam Ketetapan-ketetapan MPR. Adapun masalah pendidikan yang tercantum dalam MPR itu telah pula dirumuskan dalam Undang-undang Republik Indonesia No. 2 Tahun 1989, tentang Pendidikan Nasional, sedang tujuan pendidikan nasional tercantum pada BAB II pasal 4 yang berbunyi sebagai berikut:

         Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan, dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. (SEKKAP RI, 1989: 4)

       Jadi nyata sekali bahwa tujuan pendidikan nasional Indonesia mempunyai sasaran seluruh aspek pribadi manusia atau manusia seutuhnya. Yang dimaksud dengan aspek pribadi manusia ialah aspek jasmani, aspek kejiwaan, aspek sosial, aspek makhluk Tuhan.  Kalau yujuan pensisikan nasional kita telaah, maka tujuan pendidikan itu dapat digolongkan dalam 4 kelompok sebagai berikut:
1. Norma atau nilai, yang merupakan budaya bangsa timur pada umumnya, jadi termasuk Indonesia. Norma itu mengehendaki manusia berbudi luhur, berbudi pekerti baik, dan atau mempunyai kepribadian yang kuat. Norma itu sendiri akan terkait iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Jasmani, sehat dan terampil.
3. Psikis atau kejiwaan, menjasi anak cerdas, bebas dari kebodohan dan mempunyai kepribadian yang mantap dan mandiri.
4. Rasa sosial, rasa bertanggung jawab kemasyarakatan, mempertebal rasa kebangsaan atau rasa cinta tanah air, dan rasa kesetiakawanan sosial.

     Untuk mencapai empat sasaran aspek pribadi manusia maka dalam pengajaran para pendidikan harus dapat menentukan sesuatu yang tepat dan berguna bagi anak didiknya. Tepat dan berguna disini bermakna bahwa sesuatu itu harus sesuai degan keadaan, kemampuan, dan kebutuhan anak serta bagaimana kegunaan sesuatu itu untuk membentuk kepribadian anak sesuai dengan tujuan yang dicita-citakan. Semoga bermanfaat sobat, jangan lupa like fanspage & share yaa.
     

0 Response to Tujuan Pendidikan Nasional

Post a Comment