Makna dan Sifat Bermain dalam Pendidikan

Salam olahraga - kali  ini kita akan membahas tentang Makna dan Sifat Bermain dalam Pendidikan. 
Sobat pembaca jenis permainan yang dimainkan oleh anak sangat ditentukan oleh umur anak. Hal ini disebabkan oleh kemampuan anak dan juga oleh kesenangan anak. 

Berikut ini adalah sifat bermain:
1.     Bermain merupakan aktivitas yang dilakukan dengan sukarela atas dasar rasa senang.
2. Bermain dengan rasa senang, menumbuhkan aktivitas yang dilakukan secara spontan.
3. Bermain dengan rasa senang, untuk memperoleh kesenangan, menimbulkan kesadaran agar bermain dengan baik perlu berlatih, kadang-kadang memerlukan kerja sama dengan teman, menghormati lawan, mengetahui kemampuan teman, patuh pada peraturan, dan mengetahui kemampuan dirinya sendiri.

Permainan anak-anak biasanya ada dua macam, yaitu permainan dengan peraturan yang dibuat oleh mereka sendiri, biasanya mereka akan bermain dengan patuh untuk menepati perauran-peraturan yang mereka sepakati. Siapa yang curang atau ingkar dari peraturan, akan mendapat cemooh atau ejekan dari teman yang lain. Keadaan ini memberikan kesempatan kepada anak untuk memiliki sifat kreatif, mematuhi kesepakatan yang mereka buat, dan mereka sanggup bermain bersama dan menjadi wasit bersama. Jenis permainan yang kedua adalah permainan yang diberikan oleh orang dewasa, baik guru pendidikan jasmani, orang tua atau dari pendidi yang lain. Permainan yang diberikan oleh orang dewasa ini pada umumnya mempunyai tujuan untuk mempengaruhi anak agar dapat berkembang sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Jasi anak itu bermain, baik yang disengaja maupun tidak disengaja mengakibatkan seluruh aspek pribadinya berkembang. Dengan demikian dapat diartikan bahwa dengan wahana bermain dapat dicapai peningkatan kualitas manusia.

Permainan sebagai wahana pendidikan akan memperoleh kesuksesan apabila guru pensisikan jasmani memahami peranan permainan dalam pendidikan, memilh jenis permainan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak, mengetahui kebutuhan anak, dan dapat menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan keadaan anak.


1 Response to Makna dan Sifat Bermain dalam Pendidikan

  1. Toko Mesin Murah · Jual Mesin · Susu Listrik · Portal Belanja Mesin Makanan, Pertanian, Peternakan & UKM · CP 0852-576-888-55 / 0856-0828-5927

    ReplyDelete