Pengertian Pelatih dalam Olahraga


    Pelatih adalah faktor yang perlu diperhatikan dalam berbagai macam perlombaan olahraga. Olahraga adalah suatu bidang garapan yang sangat kompleks, karena untuk meningkatkan prestasi seseorang, berarti berhubungan dengan manusia. Bila meningkatkan kemampuan fisiknya bukan berarti terbebas dari aspek lainnya seperti psikologis, sosiologis, latar belakang status dan lain sebagainya. 
Seorang pelatih senantiasa harus meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya di dalam teori dan metode latihannya, bila dilihat dari sisi ilmu kepelatihan disamping ilmu pengetahuan dari beberapa disiplin ilmu pendukung maka beberapa pengetahuan khusus harus dimiliki dan dikuasai benar oleh pelatih. Manurut Ucup Yusup, dkk (2000: 16) pengetahuan tersebut antara lain “tenyang ruang lingkup, tujuan secara sistem latihan, prinsip-prinsip latihan,faktor-faktor latihan, komponen-komponen latihan, perencanaan dan penyusunan serta evaluasi program latihan, kemampuan-kemampuan biomotorik dan pengembangannya”.

       Untuk dapat melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dengan baik, seorang guru atau pelatih harus menguasai kompetensi mengajar tersebut di atas. Dengan demikian segala kekurangan dan kelemahannya akan menjadi masalah yang sangat mendasar didalam pendidikan.
       Menurut Sukadiyanto (2002: 4) bahwa “pelatih adalah seseorang yang memiliki kemampuana profesional untuk membantu mengungkapkan potensi olahragawan menjadi kemampuan yang nyata secara optimal dalam waktu relatif singkat.” Untuk itu tugas utama pelatih adalah membimbing olahragawan dan membantu mengungkap kampotensi yang dimiliki olahragawan sehingga olahragawan dapat mendiri sebagai peran utama mengaktualisasikan akumulasi hasil latihan dalam kancah pertandingan. Masih menurut Sukadiyanto (2002: 5) menyatakan
“seyogyanya seorang pelatih yang baik minimal harus memiliki, antara lain: 1) kemampuan dan ketrampilan cabang olahraga yang dibina, 2) pengetahuan dan pengalaman dibidangnya, 3) Dedikasi dan komitmen melatih, 4) memiliki moral dan sikap kepribadian yang baik.”

    Demkian artikel tentang pengertian pelatih dalam olahraga semoga bermanfaat. Jika bermanfaat silahkan share....

1 Response to Pengertian Pelatih dalam Olahraga