Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar Anak

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar Anak – Belajar adalah suatu proses yang menimbulkan terjadinya suatu perubahan atau pembaharuan dalam tingkah laku atau kecakapan. Perubahan itu dapat tercapai dengan baik itu tergantung kepada bermacam-macam faktor. Naah sobat pembaca disini kita akan membahas apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi belajar anak.

Menurut Sumadi Suryabrata (2007: 233)  mengklasifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar dipengaruhi oleh faktor-faktor yang berasal dari dalam diri si pelajar (intern) yaitu faktor-faktor psikologis dan fisiologis sedangkan faktor yang berasal dari berasal dari luar diri si pelajar (ekstern) yaitu faktor-faktor nonsosial dan faktor-faktor sosial.
Belajar sebagai proses atau aktivitas yang dipengaruhi oleh banyak sekali faktor-faktornya. Menurut Slameto (2010: 54) faktor-faktor yang mempengaruhi belajar digolongkan menjadi dua, yaitu:
a)    Faktor yang ada dalam diri individu yang sedang belajar (intern). Faktor intern terbagi menjadi (1) faktor jasmaniah (faktor lesehatan, cacat tubuh), (2) faktor psikologis (inteligensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan, kesiapan), (3) faktor kelelahan.
b)   Faktor yang ada di luar individu (ekstern). Faktor ekstern terbagi menjadi (1) faktor keluarga (cara orang tua mendidik, keadaan ekonomi keluarga, suasana rumah), (2) faktor sekolah (metode mengajar, disiplin sekolah, kurikulum), (3) faktor masyarakat (bentuk kehidupan masyarakat, teman bergaul). 
Proses belajar tidak hanya dilakukan di sekolah dan dengan menggunakan sumber-sumber buku. Menurut Ngalim Purwanto (2003: 102) faktor yang mempengaruhi belajar dibedakan menjadi dua macam yaitu 1). Faktor yang ada pada diri individu itu sendiri (intern) yang meliputi faktor kematangan/pertumbuhan, kecerdasan, latihan, motivasi dan faktor pribadi. 2). Faktor yang ada di luar individu (ekstern) antara lain meliputi faktor keluarga/keadaan rumah tangga, guru dan cara mengajarnya, alat-alat yang dipergunakan dalam belajar-mengajar, lingkungan dan kesempatan yang tersedia.  Naah sekarang sudah jelas bukan apa saja yang mempengaruhi anak belajar, secara garis besar belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor dari dalam anak itu sendiri (intern) dan faktor dari luar (ekstern). Terima kasih sudah berkunjung di blog kami jangan lupa like Fanspage & share yaa.



0 Response to Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar Anak

Post a Comment